Ribuan Pelajar se DKI Hadiri Deklarasi HAM

Diposting oleh KAPMI Daerah Jakarta Selatan | 04.22 | | 0 komentar »

Hari Minggu kemarin, 12 Desember 2010 teman teman pelajar kita berbondong bondong menuju lapangan bulu tangkis Gelora Bung Karno. Nahlo ada apa ya?

Bukan bukan, bukan ngantri sembako (hhi). Mereka semua yang terdiri dari pelajar SMA se DKI Jakarta melakukan "Kampanye HAM 2010 bagi Pelajar SMA se DKI Jakarta" dalam rangka memeperingati Hari HAM sedunia yang jatuh pada hari Jum'at, 10 Desember 2010.

Sobat, ternyata deklarasi ini dilakukan untuk menyebarluaskan nilai nilai HAM sejak dini. Tema yang diambil dari kampanye HAM ini yakni “Melalui Kampanye Hak Asasi Manusia Kita wujudkan Pemahaman, Pemajuan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Asasi Manusia Bagi Warga DKI Jakarta”.

Sekitar 100 SMA se DKI Jakarta turut berpartisipasi dalam dalam Deklarasi tersebut , siswa-siswi SMA se-DKI Jakarta tersebut membacakan “Deklarasi HAM untuk Semua Tahun 2010″ yang dipimpin oleh perwakilan siswa-siswi berpreastasi dari beberapa sekolah.

Deklarasi tersebut terdiri atas tiga sikap pelajar Republik Indonesia untuk HAM yakni, menjunjung tinggi persamaan hak dan martabat manusia, menolak segala bentuk pelanggaran terhadap HAM di mana pun, dalam bentuk apa pun, dan oleh siapa pun, dan menjadikan nilai-nilai HAM sebagai perekat kesatuan dan persatuan dalam penghormatan terhadap HAM.

Pemutaran film pendek tentang HAM yang menampilkan potongan-potongan video bencana akibat pembalakan liar serta peristiwa-peristiwa berdarah seperti yang terjadi di makam Mbah Priok, penandatanganan deklarasi, hingga pembentangan spanduk berukuran besar bertuliskan “Hak Asasi Manusia Untuk Semua” yang merupakan karya pelajar juga dilakukan dalam kampanye tersebut.

Prok Prok Prok!! Salut deh buat temen temen pelajar kita se DKI. Semoga dengan deklarasi HAM tersebut dapat menjadikan pelajar pelajar di DKI Jakarta ( dan juga seluruh Indonesia) sadar akan pentingnya penjujungan Hak Asasi Manusia. Nggak ada lagi deh tuh ribut -ribut, tawuran tawuran, apalagi kekerasan. (Ckckck )

0 komentar

Posting Komentar