SHOPAHOLIC, Capek Deh...

Diposting oleh KAPMI Daerah Jakarta Selatan | 07.34 | | 0 komentar »

Buat kamu yang hobi shopping, pasti ga asing lagi dengan istilah shopaholic. Yup, itu adalah sebutan buat mereka yang doyan, atau lebih ekstrim lagi, gila…, sama yang namanya belanja. Biasanya, mereka akan rela merogoh kocek sedalem-dalemnya buat ngedapetin apa yang mereka pengen. Ga cukup dompet aja, duit yang adem ayem am a Bang Toyib (ups…maksudnya uang tabungan) juga ludes, akibat kartu kreditnya keseringan digesek sampe overlimit. Meski sebenernya, barang yang dibeli bukan kebutuhan alias cuma keinginan doang. Alih-alih barang itu dipake, ternyata pas sampe di rumah, sama sekali ga kesentuh. Kamu pernah nggak ngalamin yang kayak gitu? Atau jangan-jangan kamu udah termasuk salah satu penderita shopaholic yang kronis stadium empat (wah gawat tuh…).

Diskon, sale atau obral menjadi satu hal yang paling diburu oleh penderita shopaholic. Bagi mereka yang emang tajir, rutinitas pergi ke mall buat belanja bisa menjadi suatu hal yang wajib. Ga cukup di negeri si komo ini aja, luar negeripun dijabanin demi memuaskan teriakan nafsu syaiton nir rojim (duh … segitunya). Ngomongin belanja, kabarnya penyanyi latin yang akrab dipanggil J-Lo rela “membuang” uang sebanyak 500 juta rupiah hanya untuk sebuah barang sebesar genggaman tangan. Apaan yah? Apa lagi kalo bukan handphone. Konon, tu hp dipesan khusus berlapiskan emas (weleh-weleh). Ga mau kalah ama J-Lo, diva pop KD (bukan Kang Dadang loh) ternyata enjoy aja buat ngeluarin uang banyak sekedar buat beli baju tidur, yang katanya lebih mahal dari baju shownya. Dan masih soal belanja, presenter Donna Agnesia pernah beli 24 tas sekaligus dari Singapura. Soal harga, jangan ditanya deh! Pastinya ga cukup, meski uang jajan kita sebulan diumpulin satu kelas. Selidik punya selidik, tas-tas tadi bukan mau dijual lho..., tapi mau dipake sendiri semuuuuanya (ck..ck..ck..).

Sayang sejuta sayang (sory, bosen pake seribu), penyakit shopaholic ini udah nular sama kamu-kamu, wa bil khusus kaum hawa. Ga percaya? Liat aja mall-mall yang makin banyak berdiri megah di sekitar kita. Bisa dipastikan mayoritas pengunjungnya adalah remaja-remaji seusia kamu dan sama sekali bukan orang-orang seumuran kakek nenek kita. Tujuannya macem-macem, mulai dari mejeng, window shopping alias liat-liat doang, sampe yang bener-bener shopping pake acara mborong. Ga kecuali di masa sulit kayak sekarang, saat semuanya serba mahal, dan udah waktunya kita saling bantu ama yang lain, eh....malah saban hari keliling di mall plus ngeburu barang-barang murah (capek deh....).

Girls, memang sih..keinginan memiliki barang itu fitrah yang merupakan cerminan dari naluri mempertahankan diri manusia alias gharizah baqo’. Seperti naluri yang lain, gharizah ini bakal bangkit dan bisa meledak-ledak kalo sering dapat pengaruh dari luar. Iklan, brosur, selebaran, termasuk temen gaul kita, adalah umpan yang ampuh banget buat mancing sekaligus manasin kita jadi shopaholic. Eits, jangan salah, bukan berarti kita dilarang belanja loh. Belanja itu perlu, bahkan penting. Coz, ga mungkin kan kalo kita yang pelajar dan lagi butuh alat-alat tulis plus buku, barang-barang itu sendiri yang nyamperin kita...syerem atuh kayak film Kuntilanak...hehe....

Boleh aja sih kita belanja, asal sesuai ama yang kita butuhkan (ingat, kebutuhan, bukan keinginan...), tentunya yang nggak berlebihan. Allah SWT berfirman, ”Dan orang-orang mukmin, apabila membelanjakan harta, mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir. Dan pembelanjaan itu ada di tengah-tengah yang demikian.” (TQS. Al Furqon: 67).

Lantas, kalo belanja buat momen-momen khusus gimana, semisal lebaran atau kondangan? Kalo sekedar beli baju, kerudung, kue-kue dkk, hukumnya mubah alias boleh-boleh aja tuh. Cuman, Islam mengajarkan pola hidup sederhana, bukan berboros ria. Seumpama, kamu udah punya baju satu lemari plus kerudung dua lusin, kayaknya udah cukup deh. Daripada dibelanjain percuma, mending kita ikut prihatin dengan ngebantu saudara-saudara kita yang lagi kesusahan. Gals, pribadi orang tuh dilihat dari pola pikir dan pola sikapnya, bukan dari baju bagusnya aja kan. Jangan sampe deh, kita menjalin persaudaraan ama setan, seperti yang disebutkan dalam firman Allah QS. Al-Isra’:27, ”Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan hartamu secara boros (tabdzir). Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara setan.” (Nah lho!! Cantik-cantik gini masa sodaraan ama setan??)

Anyway, masih banyak pos pengeluaran yang jauh lebih bermakna dan berpahala, seperti zakat, infaq, dan shodaqoh. Jika diberikan dengan ikhlash dan benar, dijamin kita ga bakalan rugi. Belanja emang asyik, tapi jangan lupa sekeliling kita. Nah, biar kamu-kamu ga capek ngebuang doku, energi dan waktu saat belanja, ikutin deh tips-tips berikut. Pertama, catat daftar kebutuhanmu. Sesuaikan daftar itu dengan prioritas dan modal kamu. Begitu semua barang udah masuk keranjang, buruan pulang. Biar kamu ga tergoda ama barang belanjaan yang ga perlu. Kedua, bawa uang secukupnya. Selain aman dari pencopet, kamu juga terhindar dari kebocoran akibat belanja yang ga terkontrol. Menghindari godaan gila shopping juga ga kalah penting. Keseringan liat iklan, baca brosur, atau window shopping, bakal bikin kita ngiler buat belanja, so, jangan dicoba! Terakhir, tanamkan empati plus pola hidup sederhana. Ingat, kebahagiaan bukan sekedar materi belaka. Manfaatkan uangmu sebaik-baiknya di jalan Allah, tul kan..Dengan begitu, moga kita terhindar dari virus shopaholic.

0 komentar

Posting Komentar